GAMBARAN INDIKATOR KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP HOSPITAL REFERAL BAUCAU TIMOR LESTE

Main Article Content

Claudino Ximenes
Umi Aniroh
Faridah Aini

Abstract

Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan atas pelayanan kesehatan. Adapun indikator kepuasan pasien antara lain profesionalisme, sikap dan perilaku, kemudahan akses, keandalan, perbaikan mutu, reputasi dan kredibel. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat gambaran kepuasan pasien di Hospital Referal Baucau Timor Leste. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey deskriptif , yaitu adalah suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran mengenai kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di
ruang rawat inap Hospital Referal Baucau. Kesimpulan dari hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa responden yang menyatakan tidak puas (50% ) dan yang menyatakan puas (50%) dari 48 responden yang rawat inap di Hospital Referal Baucau Timor Leste. Sebagian besar (85,4%) responden menyatakan puas untuk indikator sikap dan perilaku, sedangkan (66,7%) responden menyatakan tidak puas untuk indikator kemudahan akses.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ximenes, C., Aniroh, U. and Aini, F. (2019) “GAMBARAN INDIKATOR KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP HOSPITAL REFERAL BAUCAU TIMOR LESTE”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 7(16), pp. 166 - 173. doi: 10.35473/jgk.v7i16.5.
Section
Articles