Gambaran Pengetahuan Tentang HIV/AIDS Pada Wanita Tuna Susila di Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo

Main Article Content

Anggun Jatiningtyas

Abstract

Perkembangan HIV/AIDS tetap menjadi pandemi yang menyerang masyarakat di seluruh dunia. WHO memperkirakan sekitar 10-12 juta orang dewasa dan anak-anak dari seluruh dunia telah terinfeksi dan setiap harinya sebanyak 5.000 jiwa tertular virus HIV. Jumlah AIDS tertinggi di Provinsi Jawa Tengah terdapat pada tahun 2013, yaitu dengan 175 kasus. Faktor sosiologis-gender berkaitan dengan rendahnya status sosial wanita (pengetahuan, ekonomi, sosial budaya). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan tentang HIV/AIDS pada Wanita Tuna Susila. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi sejumlah 68 WTS. Besar sampel sejumlah 46 responden, dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Analisis data penelitian ini menggunakananalisis univariat. Penelitian ini menggunakan analisis data univariat distribusi frekuensi dengan pendekatan cross sectional, sehingga diperoleh 3 kategori yaitu baik, cukup dan kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar memiliki pengetahuan yang cukup dalam pengetahuan tentang HIV/AIDS sebanyak 34 responden (73,9%), untuk kategori kurang sebanyak 3 responden ( 6,5%), dan kategori baik sebanyak 9 responden (9,6%). Bagi dinas terkait diharapkan menambah kegiatan yang menarik, sehingga WTS dapat mengikuti kegiatan secara maksimal. Kemudian WTS yang telah mengikuti penyuluhan yang diadakan tenaga kesehatan diharapkan dapat diketahui dan dimengerti lebih baik lagi, karena dari penelitian didapatkan hasil pengetahuan yang masih cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anggun Jatiningtyas (2020) “Gambaran Pengetahuan Tentang HIV/AIDS Pada Wanita Tuna Susila di Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 7(13), pp. 1 - 10. Available at: http://ejournalnwu.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/87 (Accessed: 24January2021).
Section
Articles

References

Admin. 2008. Tanda dan Gejala HIV/AIDS. http://netsains.com

Fredy, Felix Chikita.2013.HIV/AIDS. http://www.kerjanya.net/faq/3869- hiv-aids.html

Hadijono. 2006. Infeksi Menular Seksual. http://www.mintrointi.org/?9=node/3 58

Herbaleng, Adi. 2007. Kesehatan Reproduksi. Jakarta : Erlangga

Hutapea, Ronald. 2011. AIDS & PMS dan Perkosaan. Jakarta : Rineka Cipta

Kasnodihardjo 2010. Penyebaran IMS di Indonesia. http://www.epidemiknsd.co.id

Kurniawati, Ninuk Dian. Asuhan Keperawatan Pada Pasien Terinfeksi. Jakarta : Salemba Medika

Melione,i.DKK.2007.Mpkt modul 1.jakarta: lembaga penerbitan FEUI.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Pendidikan ,dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Nursalam. 2013. Asuhan Keperawatan Pada Pasien Terinfeksi. Jakarta : Salemba Medika.

Wordpres. 2009. Pengetahuan, Pendidikan,dan Informasi.https://www.google.co.id/searchoutput=search&sclient=psyab&q=pendidikan+tinggi+mempengaruhi+pengetahuan&oq=pendidikan+ tinggi+mempengaruhi+pengetahuan&gs_l

Depkes. 2005.Penyuluhan Tentang Kesehatan. http://repository.usu.ac.id/bitstream

Zein, Syah.2007.Semua Tentang HIV/AIDS dan Penyakit yang Disertakan. Jakarta : Erlangga