Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pembarian Imunisasi Dasar Pada Bayi Usia 0-12 Bulan di Desa Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang

Main Article Content

Chusnul Oktaviana Rachmawati
Masruroh
Wahyu Kristiningrum

Abstract

Penyebab kematian bayi yang lainnya adalah berbagai penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan imunisasi, seperti tetanus, campak, dan difteri. Hal ini terjadi karena masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk memberi imunisasi pada anak. Dari studi pendahuluan yang di lakukan di Desa Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang pemberian imunisasi dasar pada bayi usia 0-12 bulan di Desa Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan crossectional. Populasi yang diambil yaitu sebanyak 35 ibu yang mempunyai bayi usia 0-12 bulan di Desa Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang. Dengan jumlah sampel 35 responden dan tehnik pengambilan sampel yaitu menggunakan Total Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dengan menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian didapatkan gambaran mengenai tingkat pengetahuan ibu tentang pemberian imunisasi dasar pada bayi usia 0-12 bulan dari 18 responden yang memiliki pengetahuan kurang yaitu sebanyak (51,4%). Diharapkan para ibu – ibu yang mempunyai bayi usia 0-12 bulan dapat meningkatkan dan memperkaya pengetahuan tentang pemberian imunisasi dasar pada bayi dan dapat dilakukan penyebarluasan informasi kepada masyarakat secara rutin melalui diskusi-dikusi, penyebaran brosur dan dapat diberikan pada saat perkumpulan yang bekerja sama dengan instansi yang berwenang yaitu tenaga kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Chusnul Oktaviana Rachmawati, Masruroh and Wahyu Kristiningrum (2020) “Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pembarian Imunisasi Dasar Pada Bayi Usia 0-12 Bulan di Desa Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang”, JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 7(13), pp. 22 - 29. Available at: http://ejournalnwu.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/89 (Accessed: 24January2021).
Section
Articles

References

Alimul, Hidayat. 2008. Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisis. Jakarta: Salemba Medika.

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Catur Hp.2012. Imunisasi Hib Pada Bayi dan Balita . http// Nama Anak Bayi.com /Imunisasi- - Hib – Pada – Bayi – Dan – Balita. Html.11 Juli 2014.

FKUI. 2010. Ilmu Kesehatan Anak.Jakarta: Info Medika.

IDAI, 2008. Arti, Definisi, Tujuan , Manfaat, Cara dan Jenis Imunisasi Pada Manusia. Jakarta: Bina Pustaka.
Ikatan Dokter Anak Indonesia. 2003. Asuhan Tumbuh Kembang Anak. Bandung: Angkasa

Khoirunnisa, Endang. 2010. Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Dan Anak Balita. Yogyakarta: Nuha Medika.

Marimbi, Hanum. 2010. Tumbuh Kembang Status Gizi, dan Imunisasi Dasar Pada Blita. Yogyakarta: Nuha Medika.

Masrifah, Siti. 2014.Imunisasi Dasar Dengan Vaksin Pentavalen . http // Vaksin Pentavalen Untuk Balita .com / Imunisasi – dasar – dengan - vaksin – pentavalen. Html. 11 Juli 2014.

Mubarak, Wahit Iqbal, dkk. 2007. Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Proses Belajar mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Notoatmodjo, S. 2010. Metode Penelitian Kesehatan.. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2003. Prinsip – Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Proverawati, Atikah. 2010. Imunisasi Dan Vaksin.. Yogyakarta: Nuha Medika.

Riyanto, Agus. 2009. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.